Berbagi Ilmu Cara Membuat Email Dan Blog

Memiliki sebuah keahlian tentu saja menjadi dambaan setiap orang, termasuk saya tentunya. Tapi sayangnya saya merasa masih belum memiliki sebuah keahlian yang bisa dibanggakan secara mutlak, hanya sedikit ilmu yang membuat diri ini terkadang lebih “ahli” dibanding orang lain. Ya, ahli dalam tanda kutip, bila pembandingnya adalah orang yang tidak bisa mungkin saja bisa lebih unggul.

Begitu juga dalam bidang pembuatan dan pengelolaan blog, belajar secara otodidak adalah metode yang saya gunakan dalam membuat dan mengelola blog, sejak tahun 2008, itulah kenapa orang menganggap saya lebih punya ilmu dibidang itu dibandingkan orang lain, padahal belum tentu demikian.

Kata orang, sebaik-baik ilmu adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Begitulah, meski tidak banyak, saya juga ingin membagikan ilmu yang saya miliki pada orang lain. Lagi pula, tak akan berkurang ilmu bila dibagi-bagi. Tidak perlu hitung-hitungan, cukup yakin saja. Apalagi apa yang dibagi adalah apa yang disukai, dalam hal ini seputar blog.

Pada hari Minggu 4 Desember 2016, saya berkesempatan untuk membagikan ilmu yang saya miliki terkait dengan pembuatan email, blog dan cara mengisi posting. Ya, dalam rangka pelatihan komputer dalam Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kabupaten Purbalingga, saya mendapat sesi seputar media warga online, dalam hal ini fokus ke pembuatan blog.

Berbagi Ilmu Cara Membuat Email Dan Blog

Untuk kali ini saya menyampaikan cara membuat blog gratis dengan platform blogspot (blogger.com). Pilihan logis, karena saya rasa lebih mudah dipelajari dan lebih cepat dalam pembuatannya. Peserta yang jumlahnya diatas dua puluh dengan bermacan latar belakang pendidikan dan usia membuat perlakuan berbeda-beda, belum lagi bagi mereka yang jarang atau belum bisa mengoperasikan komputer. Hmm…

Begitulah, ada keasikan tersendiri, saya merasa paling bisa diantara yang lain dalam satu ruang kelas itu, walau dalam kenyataannya belum tentu demikian. Meski “sialnya” saya mendapatkan sesi terakhir, dimana biasanya orang sudah jenuh dan ingin segera selesai pelatihannya, mengingat pelatihan sudah dimulai sejak pagi hari. Tapi tidak mengapa.

Baru kali ini saya memandu banyak orang dalam membuat sebuah blog, sebelumnya paling hanya satu orang yang memungkinkan untuk lebih fokus. Apalagi, tak banyak materi yang saya persiapkan, hanya beberapa gambar langkah demi langkah dalam membuat email dan juga blog. Kenapa email juga? Karena memang dari para peserta sebagian besar belum memiliki akun email, makanya perlu membuat akun karena itu merupakan syarat wajib dalam membuat sebuah blog.

Hanya sedikit materi yang saya sampaikan, karena saya rasa terlalu banyak materi juga malah kurang efektif, apalagi waktu yang tersisa untuk sesi saya kurang lebih hanya satu jam. Dengan menampilkan gambar dalam slide sebenarnya bisa diikuti langkah-langkah dengan mudah. Tapi, semudah apapun kalau belum terbiasa atau belum pernah mencoba tetap saja butuh waktu untuk bisa, minimal membuat blog dasar.

Berbagi Ilmu Cara Membuat Email Dan Blog

Jalan setengah jam kurang lebih saya menyampaikan gambar awal dan juga memulai praktek, dan untungnya sebagian dari peserta bisa menangkap materi dan bisa mengikuti langkah demi langkah dalam membuat email dan juga blog. Dalam selang waktu ini pula akhirnya sebagian peserta sudah bisa membuat blog. Ya, blog jadi, tapi masih seadanya dan setting dasar masih bawaan dari blogspot. Untuk menghemat waktu, langsung saya sampaikan langkah dalam mengisi konten blog, saya abaikan setting dan yang lainnya.

Berbagi Ilmu Cara Membuat Email Dan Blog

Akhirnya, ada yang bisa dan ada yang tidak. Untuk mereka yang belum terbiasa mengoperasikan komputer dan juga mengakses internet, mereka inilah kelompok yang tertinggal materi dan belum bisa menyelesaikan langkah pembuatan email dan blog. Tidak mengapa, karena tidak ada paksaan untuk bisa, mengingat SDM yang berbeda dari paserta. Yang terpenting adalah lebih dari sebagian peserta bisa mengikuti dan merampungkan langkah demi langkah hingga menjadi blog dan juga cara mengisi postingannya.

Lega bisa berbagi ilmu cara membuat email dan blog. Untuk menambah semangat peserta, tidak lupa saya tambahkan bumbu penyemangat berupa hal-hal yang bisa diperoleh dengan ngeblog, utamanya adalah prospek dalam mendapatkan profit dan mengembangkan usaha. Begitulah. Saya hanya berharap semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat. Saya mewanti-wanti pada para peserta untuk dapat meneruskan blog mereka, melelui panduan yang bisa dicari lewat google, atau bisa menghubungi saya bila memang diperlukan.

5 Comment

  1. Kinasa says: Reply

    Berbagi tak pernah rugi, semoga saja dengan ilmu yang ditularkan bisa memberi manfaat dan bisa diaplikasikan, bukan hanya sesaat saja tapi berkelanjutan dalam ngeblog. 🙂

  2. Inyong ora diundang koh, Kang?

    Nggak papa lah, yang oenting saya dapat ilmu dari membaca konten Kang Sukadi inih…

    Hehe…salam..

    1. Sukadi says: Reply

      Arep ngundang wong sampeyan orang sibuk, mbok malah ngrepoti he.he..

  3. Sebelume tak sungkem sek kanjeng guru…
    Jiannn makin banyak aja temenku yg naik ketingkat suhu…
    Cuma aku thok yg mandek di tingkat dasar wkwkwk…

    Sesok2 aku tak melu berguru lah…

    1. Sukadi says: Reply

      Haiyah, suhu tubuh apa suhu udara? wkwkwk..
      Aku masih harus banyak belajar sama sampeyan kang 🙂

Leave a Reply